Mengenal dan Mengaplikasikan Search Engine Optimization

Secara bahasa, Search Engine Optimization adalah pengoptimalan atau optimasi mesin pencarian. Sering disingkat menjadi SEO. Definisi SEO adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang baik pemilik website atau bukan untuk menaikan rangking pencarian suatu halaman website pada mesin pencarian. Upaya ini dilakukan dengan berbagai metode yang bila diimplementasikan akan membuat rangking suatu halaman website meningkat bahkan menduduki urutan pertama dalam hasil pencarian suatu search engine atau mesin pencarian.

Kita tahu bahwa mesin pencarian paling populer saat ini adalah google di samping yahoo dan bing. Melalui layanannya, google memberikan hasil pencarian relevan bagi peselancar dunia maya yang membutuhkan informasi tertentu dari konten-konten khusunya di dunia maya atau internet. Oleh karena itu, mayoritas para pencari informasi akan mencarinya terlebih dahulu melalui mesin pencarian dibanding mengetikan alamat website secara langsung.

Dengan demikian, mesin pencarian merupakan salah satu gerbang bagi suatu website mendapat banyak kunjungan. Sebagai pemilik website, jika ingin ditemukan dengan mudah melalui mesin pencarian maka perlu mengenal serta mengaplikasikan metode SEO alias Search Engine Optimization.

Sebuah halaman website akan mendapat banyak kunjungan jika menduduki rangking teratas pada mesin pencarian. Informasi yang terdapat pada website tersebut dibaca oleh banyak orang. Keadaan ini dapat dimanfaatkan salah satunya untuk memperoleh penghasilan.

Begitu banyak metode SEO yang bisa diterapkan. Pada halaman ini pembahasan terbatas pada konsep mendasar dan dijamin tidak melanggar aturan. Mari kita mengenal dan silakan coba aplikasikan beberapa metode SEO di bawah ini.

Gunakan design website yang ringan ketika diakses

Sebuah mesin pencari memiliki robot yang sering melakukan perayapan ke halaman website sambil mempelajari konten di dalamnya. Robot tersebut membaca beberapa hal seperti kata kunci, kecepatan akses, tautan, dan sebagainya. Akses yang ringan ke suatu halaman website menjadi nilai plus di mata sebuah mesin pencarian.

Jika satu halaman penuh dapat diakses dalam waktu sekejap, bagian-bagian konten seperti kata kunci di dalamnya menjadi mudah dibaca. Mesin pencarian melalui robotnya akan menyatakan bahwa halaman web seperti ini cocok ditempatkan di posisi atas atau halaman depan.

Lewatkan meta keyword tetapi gunakan meta description pada tag head

Jika kita bisa mengakses sumber file website, kita bisa menambahkan beberapa tag meta di dalamnya. Di antara sekian tag meta, meta keyword dan description merupakan bagian yang berperan dalam SEO. Contoh meta keyword yang dapat diletakan di antara <head> ... </head> adalah sebagai berikut.

<meta name=keyword content="kata kunci pertama, kata kunci kedua">

Tetapi meta keyword ini tidak lagi menjadi penting bahkan disarankan untuk tidak ditambahkan. Mesin pencarian tidak memperhatikan jenis meta yang satu ini karena mudah dimanipulasi.

Meta tag yang wajib ditambahkan untuk SEO adalah meta description. Contoh kodenya adalah sebagai berikut.

<meta name=description content="Deskripsi halaman website minimal 55 karakter maksimal 170 karakter.">

Deskripsi menggambarkan informasi singkat mengenai halaman web yang bersangkutan sebanyak minimal 55 karakter dan maksimal 170 karakter (termasuk spasi). Isi dari deskripsi akan muncul pada hasil pencarian. Upayakan mirip tetapi tidak sama dengan judul dan kata kunci yang diharapkan.

Mengubah struktur permalink agar SEO friendly

Pengubahan struktur permalink diperlukan agar url menjadi SEO friendly. Dengan pengubahan ini, url menjadi mudah dibaca dengan baik oleh robot perayap utusan mesin pencari dan menjadi penentu kata kunci. Contoh pengubahan permalink pada wordpress adalah melalui menu Settings -> Permalinks. Struktur permalink yang baik adalah sebagai berikut.
yes.web.id/post-name/ (berbentuk direktori)
yes.web.id/post-name.html (berbentuk file)
yes.web.id/direktori/post-name.html (berbentuk direktori dan file)

Sayangnya, pada blogger hal ini tidak dapat dilakukan. Hanya bisa mengubah url di belakang direktori tahun dan bulan. Jika website dibuat menggunakan php secara dinamis, sebaiknya gunakan url rewrite menggunakan htaccess untuk mengubah url parameter menjadi direktori atau file.

Gunakan judul yang menarik dan informatif

Judul sebuah tulisan pada halaman website akan muncul pada hasil pencarian. Namun yang muncul ini merupakan judul yang terdapat pada tag title di antara tag head. Agar konsisten, judul pada body juga dibuat sama. Buatlah judul yang menarik serta informatif, menggambarkan keseluruhan isi tulisan pada halaman website. Jika judul yang digunakan kurang menarik atau informatif, peselancar mungkin akan ragu untuk menindaklanjutinya.

Perlu diperhatikan lagi bahwa judul dan subjudul pada bagian body perlu mendapat perlakuan khusus, yaitu dengan menambahkan tag heading. Tapi perlu diingat, bahwa penggunaan tag heading ada aturannya. Tag h1 hanya boleh digunakan sekali. Selanjutnya, h2, h3, dan seterusnya bisa digunakan berulang kali sebagai subjudul. Tag h1 digunakan untuk judul utama. Tag h2 digunakan sebagai subjudul. Sedangkan h3 digunakan untuk sub-subjudul di bawah h2. Begitu seterusnya jika masih ada subjudul selanjutnya. Penggunaan tag heading akan membuat tulisan berukuran besar dan tebal. Semakin besar angka di belakang h, semakin kecil ukuran hurufnya.

Buat tautan / link sewajarnya

Metode bertukar link merupakan gaya blogger lama dalam meningkatkan popularitas blog masing-masing. Niat utamanya adalah agar pengunjung blog orang lain mengunjungi blog kita melalui link yang ada di blognya. Tetapi cara seperti ini tidak lagi efektif di masa sekarang. Keberadaan tautan pada sebuah halaman website bisa berakibat buruk terhadap ranking suatu halaman website jika kurang tepat mengaplikasikannya.

Tautan yang dibuat pada suatu halaman website hendaklah menuju halaman lain yang satu topik. Baik secara internal atau pun eksternal. Kuantitas link pada suatu halaman website jangan terlalu berlebihan tetapi secukupnya saja sesuai kebutuhan.

Ada pendapat menyatakan bahwa semakin banyak link semakin bagus. Tidak juga. Terlalu banyak link akan dianggap sebagai spam dan bisa mengakibatkan menurunnya ranking.

Lebih baik gunakan internal link

Internal link adalah tautan yang mengarah pada halaman lain tetapi masih dalam satu website. Metode ini sukses diaplikasikan oleh wikipedia. Perhatikan bahwa pada setiap halaman wikipedia terdapat tautan yang saling terkait antar halaman tetapi masih dengan wikipedia.org. Penambahakan internal link ini bisa dilakukan secara manual ketika menulis post pada kata kunci tertentu atau secara otomatis dengan menggunakan kode tertentu. Contoh penggunaan internal link adalah tautan pada breadcrumb atau daftar tulisan terkait.

Suatu halaman website harus bisa diakses dari halaman depan melalui tautan. Tetapi bukan berarti halaman depan harus berisi tautan ke semua halaman. Tautan dari beranda ke sebuah sebuah halaman bisa dibuat secara berantai melalui halaman lainnya sehingga banyak link pada masing-masing halaman tidak berlebihan.

Menandai kata, frasa, atau kalimat penting

Kadang dalam sebuah tulisan ada kata, frasa, atau kalimat yang ditegaskan dengan ciri dicetak tebal atau dimiringkan. Tujuannya adalah agar pembaca mengerti bahwa kata, frasa, atau kalimat tersebut merupakan sebuah penegasan. Selain berguna untuk pembaca, metode ini juga berguna untuk memberitahu perayap mesin pencarian.

Kata yang dicetak tebal atau dimiringkan akan dibaca sebagai kata kunci pada sebuah halaman website di mata mesin pencarian. Untuk menebalkan huruf bisa dibuat menggunakan tag b, sedangkan untuk memiringkannya menggunakan tag i. Tetapi dalam search engine optimization sebaiknya menggunakan kode <strong> untuk menebalkan huruf dan gunakan kode <em> untuk memiringkan huruf.

Buatlah peta situs atau sitemap

Peta situs atau sitemap merupakan halaman panduan menuju seluruh halaman yang terdapat di suatu website. Terdapat dua jenis sitemap, yaitu dengan format html (untuk pengunjung) dan xml (untuk mesin pencarian). Dengan adanya sitemap, baik pengunjung atau mesin pencarian akan mudah mempelajari konten pada website yang berisi banyak halaman seperti blog.

Daftarkan website pada google search console

Google search console sebelumnya bernama google webmasters. Melalui search console, kita bisa mengatur bagaimana website kita tampil pada mesin pencarian google. Banyak laporan yang bisa kita pelajari dari sini. Kita bisa mengetahui kata kunci yang pengunjung gunakan di mesin pencarian sehingga bisa mengunjungi website kita.

Kita juga bisa mengontrol halaman yang bermasalah seperti halaman 404. Selain itu, kita bisa melaporkan sitemap xml yang telah kita buat agar dilakukan index. Jika kita melakukan perubahan struktur website, kita bisa dengan segera meminta google melakukan perayapan melalui fetch as google. Masih banyak lagi fitur lainnya.


Itulah beberapa contoh metode yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan website agar dapat sering-sering nongol di mesin pencarian. Masih banyak lagi metode-metode lainnya yang dapat menaikan rangking website pada hasil mesin pencarian. Yang saya sebutkan di atas adalah beberapa metode dasar yang dapat diterapkan dengan mudah.

Oleh Opan
Dipostkan March 26, 2017
Seorang guru matematika yang hobi ngeblog dan menulis. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.